Sistem Pendidikan di Inggris

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Allah SWT dalam mewahyukan Al-Qur’an memulai dengan kalimat “Iqro’” yang artinya bacalah. Disini jelas bahwa mula-mula yang harus dipelajari oleh manusia adalah membaca, karena membaca adalah kunci segala sesuatu. Dan dengan membaca kita bisa mengetahui segala hal baik yang bersifat duniawi ataupun ukhrowi.
Membaca adalah salah satu bentuk pembelajaran yang berhubungan dengan dunia pendidikan, karena mustahil dunia pendidikan dipisahkan dengan membaca. Setiap orang yang terlibat dalam pendidikan di dunia ini pastilah ia membaca.
Oleh karena perintah Allah pertama kali berhubungan dengan pendidikan, maka tiada negara di dunia ini yang tidak merancang sistem pendidikannya demi kemajuan negaranya. Karena negara tidak akan pernah maju hanya dengan orang-orang bodoh saja.
Tidak hanya di Saudi Arabia ataupu Idnonesia tetapi di semua negara mempunyai sistem pendidikannya sendiri-sendiri dengan kelebihan dan kekuranga masing-masing.
Maka untuk menambah pengetahuan kita tentang dunia pendidikan dan sistemnya karena Insya Allah kita adalah orang-orang pendidikan, maka kita akan mencoba membahas sistem pendidikan di Negara Inggris beserta perbandingannya dengan negara lain terutama yang sudah di bahas oleh rekan-rekan mahasiswa. Semoga makalah ini bisa menjadi bahan kita untuk memajukan dan menjadikan pendidikan di negara kita ini semakin berkualitas, amin.

2. Rumusan Masalah
Setiap pembahasan yang tidak dilandasi oleh rumusan masalah pasti akan mengakar kemana-mana pembasannya. Oleh karena itu sebagai contoh makalah yang baik haruslah menggunakan perumusan masalah. Adapun rumusan masalah yang penulis dan kelompok sepakati adalah sebagaimana termaktub dibawah ini:
1) Bagaimana sistem pendidikan dan polanya yang diterapkan oleh Negara Pangeran Charless ini?
2) Bagaimana pendidikan di Negeri MU ini jika dibandingkan dengan negara-negara lain terutama yang sudah dibahas dan Indonesia?

3. Tujuan Pembahasan
Dengan mengetahui rumusan masalah di atas, maka jelaslah tujuan utama pembahasan pada makalah ini diantaranya sebagai berikut :
a) Mengetahui dan memahami bagaimana sistem pendidikan di Inggris yang merupakan Negara dengan nilai mata uang termahal di dunia itu serta pola pendidikan disana, siapa tahu nanti diantara kita ada yang bisa belajar kesana.
b) Dalam mata kuliah perbandingan pendidikan, tujuan utama adalah mengetahui sistem pendidikan dan perbandingannya, maka diantara tujuannya adalah membandingkan pendidikan di negara Inggris dan negara lainnya, supaya mahasiswa tidak dikatakan cupu atau tulalit.
SISTEM PENDIDIKAN DI INGGRIS

1. Sistem Pendidikan di Inggris
a. Kalender Pendidikan
Di Negara tempat David Becham berasal ini tahun ajaran berlangsung dari akhir September sampai akhir Juli dengan 2 bulan libur selama musim panas[1]

b. Pendidikan Wajib
Pendidikan wajib di Inggris meliputi sekolah dasar dan sekolah menengah. Sekolah dasar di mulai dari usia 5 sampai 11 tahun dalam kurun waktu 6 tahun. Tahun pertama dan kedua disebut infants dan tahun ketiga sampai ke enam disebut Junior [2]. Pada level sekolah dasar ini tidak di adakan ujian bagi siswa mulai dari kelas satu sampai dengan kelas enam, kecuali ujian kemampuan yang dilaksanakan ketika anak berusia tujuh tahun. Penekanan ada pada belajar secara praktikal dibandingkan menghafal. Siswa belajar mata pelajaran inti seperti Bahasa Inggris, matematika dan sains, juga pelajaran dasar seperti sejarah, geografi, musik, seni dan olahraga.
Sekolah menengah dimulai dari umur 11 sampai 16 tahun dalam kurun waktu normal 5 tahun. Di setiap jenjang siswa memperdalam pelajaran mereka pada mata pelajaran inti dan ditambah setidaknya satu pelajaran bahasa asing. Pada tahun ke-4 barulah mereka mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian-ujian yang disebut General Certificate of Secondary Education atau GCSE. Setelah menyelesaikan ujian GCSE, siswa sekolah menengah dapat meninggalkan sekolah untuk bekerja, mengikuti program training di sekolah kejuruan atau teknik, atau melanjutkan 2 tahun lagi untuk menyiapkan diri bagi ujian masuk universitas, yang dikenal dengan "A-Levels."[3]

c. Pendidikan Pilihan
1) A levels
A Levels adalah lanjutan dari sekolah menengah atas jika mereka ingin masuk ke bangku universitas. Ditempuh selama 2 tahun. Dalam jenjang ini siswa akan belajar 3 sampai 4 subjek untuk ujian A Levels[4]

2) Program Sarjana
Ditingkat sarjana, siswa di Inggris dapat memilih jurusan art dan sciences. Program ini biasanya berlangsung selama tiga tahun dimana selama itu siswa dapat menyelesaikan pelajaran dan tutorial di bidang masing-masing. Siswa yang akan lulus biasanya harus mengikuti ujian akhir.

3) Pasca Sarjana dan Doktoral
Jenjang ini dilaksanakan 1 sampai 2 tahun. Gelar yang mereka peroleh adalah master arts (MA) atau master science (MSc) dan Master in Business Administration (MBA) setelah mereka menyelesaikan studinya. Seperti di Indonesia, di jenjang ini siswa harus menyelesaikan semua studinya, membuat tesis dan mengikuti ujian akhir. Siswa pasca sarjana juga dapat meneruskan program doktoral atau PhD.[5]

2. Keunggulan Sistem Pendidikan di Inggris
3. Kekurangan Sistem Pendidikan di Inggris
4. Perbandingan Sistem Pendidikan di Inggris dengan Negara Lain
a. Biaya pendidikan di Indonesia sudah gratis tapi bayar sampai saat ini sedangkan di Inggris biaya sekolah sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah[6]
b. Kalau di Indonesia siswa SD baru diperkenalkan dengan komputer itupun belum semuanya, di Negeri Putri Diana ini anak SD sudah diharuskan belajar jejaring sosial seperti twitter dan ensiklopedia online wikipedia.[7]
c. Biaya pendidikan di Inggris lebih terjangkau bahkan sampai jenjang pascasarjana di banding negara eropa lainnya seperti jerman dan prancis[8]
d. Di negara Eropa khususnya negara sepak bola ‘kata changcuthers’ bukan Italia atau Argentina tetapi London (Inggris), sistem pendidikan menganut pola press shcematic (maksudnya tidak terlalu banyak yang dipelajari tetapi terfokus dan lebih terspesialisasi, sehingga kepakaran ilmunya sangat dalam). Sedangkan di Indonesia salah satunya menganut pola breadth schematic sehingga tidak mengakar karena otak otak siswa sudah overloading, kebanyakan pelajaran.[9]

PENUTUP
1. Kesimpulan
2.
Penutup

[1] Brittin college//Education First
[2] Ibid 1
[3] http://Kartunet.com/ kartunet groups indonesia 2009
[4] UK Education System
[5] http://www.ef.co.id
[6] Ibid 3 page 2
[7] Antara
[8] http://www.Britishcouncil.or.id
[9] Yahoo answers-http://uk.answers.yahoo.com

sumber: http://www.kurvaku.co.cc/2010/01/sistem-pendidikan-di-inggris.html

Komentar

  1. setuju banget tapi azas & dasar pendidikan nya apa yO, tujuan sistem pendidikan nya, fungsi, kurikulum yg di pakai serta pelaksanaan nya itu gymna?

    BalasHapus

Posting Komentar